Sunday, March 6, 2011

L A L A T



LALAT

 Saturday, February 6, 2010 at 9:24pm
Musim dingin tahun ini banyak menghadirkan lalat di rumahku. Mereka bak tamu tak diundang,berseliweran di depan mata. Kadang mengundang rasa kesal. Ternyata di Omanpun ada lalat berkeliaran juga. Aku kira cuma di negara kita tercinta saja (karena iklimnya) yang ada lalat berkeliaran.Herannya bukan cuma kalau ada makanan saja mereka datang. Ketika mata tengah terpejam, lagi enak-enaknya,satu-dua lalat dengan suaranya yang khas sambil sesekali ....krrrrrkkk.....krrrrkk....hhhhhhh...jadi ga konsen lagi nih mata. Alhasil, aku ga jadi pejamkan mata siang itu.

Ketika anakku tengah bermain,pun tak lepas pula dari gangguan si ratu dan raja lalat. Suaranya yang....ngiiiiiiiiiiiiing.....tap....ngii.....iiing....tap, membuat anakku kesal dibuatnya. Da berusaha menepuk lalat yg sedang terbang itu tanpa perasaan berdosa. Padahal kalau saja lalat itu mati kena tepukan tangan mungilnya,barangkali malah dia merasa jijik dan sedikit ketakutan. Saking keselnya, dari bibir mungilnya keluar ucapan : " Ma, kenapa sih Allah mesti menciptakan lalat?Aku tau Allah menciptakan semut karena kita bisa belajar dari semut, kalau semut itu suka saling menolong temannya. Tapi lalat? dia kan ga berguna?" tanyanya dengan sedikit nada kesal dan tanpa rasa bersalah.

Sambil duduk di sebelahnya, aku coba jawab pertanyaannya sebisaku. Bismillah.....
" Dik,...dik Rara tau kan kenapa Allah menciptakan semut? semut itu baik, suka menolong, suka bergotong royong, suka menyapa satu sama lain jika berpapasan,....trus, kalau lalat, Rara tahu ga apa kebiasaan lalat?"
" Aku tahu, aku tahu,..."
" Kalau lalat itu suka menganggu," jawabnya polos
" Menganggunya gimana?"
" Ya suka mau nempel, kayanya mau masuk ke telinga gitu..."
" Terus?..."
" suka ke tempat-tempat yang jorok,....suka hinggap di makanan kita.terus apa ya?"
" Iya. Habis ke hinggap di tempat yang kotor, dia hinggap di makanan kita kalau kita tidak menutupnya. terus.... satu lagi, lalat itu malas, kerjanya cuma kesana kemari.... mengganggu dik Rara ya?.....Dik Rara tahu ga? Allah itu...... tidak hanya menciptakan sesuatu yang baik, tapi Allah juga menciptakan sesuatu yang menurut pandangan kita buruk, tapi Allah ingin, manusia itu bisa belajar dari apa yang dia lihat.Contohnya lalat, kalau lalat itu malas, itu berarti Allah melarang kita mencontoh sifat malas yang ada pada lalat." jelasku.
" Trus, dik Rara itu kan masih sekolah, jadi dik Rara ga boleh malas belajar.ga boleh kaya lalat."
" Oh, gitu ya ma? iya deh, sekarang aku tahu, aku mau main sepeda lagi ya ma?" kembali kata-kata polos terucap dari bibirnya. Ditinggalkannya aku sendiri.

Yah, pada dasarnya Allah menciptakan segala sesuatunya pasti dengan maksud dan tujuan. Lihat Q.S.Albaqarah ; 30 yang artinya " Dan (ingatlah) ketika Tuhan-mu berfirman kepada para malaikat, "Aku hendak menciptakan manusia di bumi". Mereka berkata,"Apakah Engkau hendak menjadikan orang yang merusak dan menumpahkan darah di sana, sedangkan kami bertasbih memuji-Mu dan mennsucikan nama-Mu?" Dia berfirman, " Sungguh, aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui."

Semut adalah salah satu contoh binatang yang jadi perumpamaan, yang Allah kisahkan dalam Al-Qur'an.(Q.S.27 yi :S.An-Naml). Selain semut, lebah (Q.S.16 yi : An-Nahl), Laba-laba (Q.S.29 yi : S. AL Ankabut), Sapi betina (Q.S.2 yi: S Albaqarah) adalah contoh lain perumpamaan.

Q.S.Albaqarah; 26
" Sesungguhnya Allah tidak segan membuat perumpamaan seekor nyamuk atau yang lebih kecil dari itu. Adapun orang-orang yang beriman, mereka tahu bahwa itu kebenaran dari Tuhan. Tetapi mereka yang kafir berkata, "Apa maksud Allah dengan perumpamaan ini?" Dengan (perumpamaan) itu banyak orang yang dibiarkan sesat, dan dengan itu banyak (pula) orang yang yang diberi-Nya petunjuk. Tetapi tidak ada yang Dia sesatkan dengan (perumpamaan) itu selain orang yang fasik."

************

Muscat February 2010

No comments:

Post a Comment